Dede Frank Suhara

Dede Frank Suhara

SISTEM PEMESANAN TAKSI MENGGUNAKAN LAYANAN BERBASIS LOKASI

 

ABSTRAK

Taksi merupakan salah satu media transportasi yang digunakan masyarakat saat ini. Ketika pelanggan melakukan pemesanan taksi melalui telephone, umumnya operator taksi akan mencari keberadaan taksi terdekat disekitar penumpang secara manual dengan cara menginformasikannya melalui radio kepada supir taksi. Kemudian barulah supir taksi mencari posisi pasti penumpang. Dalam proses menunggu, banyak ditemukan penumpang yang meninggalkan taksi yang mereka pesan ketika ada taksi lain yang lewat di depan mereka. Selain itu pada jam sibuk, ada kemungkinan terdapat pelanggan yang belum mendapatkan pelayanan karena banyaknya antrian pada telephone. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalah-permasalahan di atas.

Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan literatur. Kemudian dilakukan analisis data, deskripsi kebutuhan sistem dan pembuatan diagram alir data. Tahap selanjutnya adalah perancangan antarmuka, implementasi dan pengujian sistem menggunakan black box test dan alpha test.

Penelitian ini diharapkan dapat membatu penyedia jasa taksi agar dapat memberikan layanan yang cepat ketika penumpang melakukan pemesanan taksi. Selain itu supir taksi juga dapat mengetahui secara langsung posisi pasti penumpang yang melakukan pemesanan dan penumpang mendapatkan informasi yang jelas mengenai taksi yang mereka pesan.

Kata kunci : Sistem Pemesanan Taksi, Location Based Service, GPS, Google Maps, Android

Leave a Reply

Your email address will not be published.