Muhammad Imaduddin Hanif

Muhammad Imaduddin Hanif

VISUALISASI STRUKTUR BANGUNAN RUMAH TAHAN GEMPA BERBASIS 3D

 

ABSTRAK

Rumah merupakan tempat berlindung bagi manusia, akan tetapi tidak sedikit fakta yang menyebutkan bahwa manusia meninggal akibat robohnya rumah ketika diguncang gempa. Umumnya yang menjadi korban adalah rumah-rumah masyarakat yang dibangun tanpa adanya pengetahuan tentang pengamanan gempa. Melihat data statistik korban gempa bumi oleh BMKG yogyakarta tahun 2006 di Yogyakarta dan sekitarnya, banyak rumah yang mengalami kerusakan berat karena struktur bangunan rumah tidak kuat terhadap guncangan gempa. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya antisipasi terhadap gempa untuk mengurangi jatuhnya jumlah korban yang lebih banyak lagi, yakni membangun rumah tahan gempa dengan alat bantu sebagai pedoman adalah media informasi visualisasi struktur bangunan rumah tahan gempa berbasis 3D. Tujuan pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang informasi antisipasi bila terjadi gempa dan teknik bagaimana membangun rumah tahan gempa.

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur, wawancara, dan observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan Black Box Test dan Alpha Test dan tahap akhir adalah penggunaan sistem.

Dari penelitian yang dilakukan telah menghasilkan aplikasi berupa visualisasi sebagai media informasi tentang struktur bangunan rumah tahan gempa berbasis 3D secara animatif, sehingga dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi masalah dalam menangani penanggulangan robohnya rumah akibat bencana alam, khususnya bencana gempa bumi. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan Black Box Test yakni penilaian oleh orang yang mempunyai pengetahuan dan kompetensi dalam struktur bangunan, dan Alpha Testpenilaian oleh mahasiswa teknik sipil, menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dipergunakan sebagai media informasi.

 Kata Kunci : gempa, animasi, visualisasi, rumah.

rumahrumah2 rumah1

Leave a Reply

Your email address will not be published.