Nugroho Anwar Sanny

Nugroho Anwar Sanny

APLIKASI MOBILE KUMPULAN DOA HARIAN ISLAM UNTUK MEMPERMUDAH MENGHAFAL DOA BERBASIS ANDROID

 

Abstrak

Latar Belakang. Doa Harian Islam sangat penting gunanya bagi umat umat Islam dan pengguna Android khususnya untuk mempermudah membaca dan menghafal doa harian. Akan tetapi, belum adanya pengembangan lanjutan dari aplikasi doa harian Islam dengan menggunakan sqlite database dan pengembangan dalam fasilitas pencarian, bookmark doa, dan terjemahan bahasa Inggris.
Tujuan. Terwujudya suatu aplikasi yang dapat mempermudah membaca dan menghafal doa.
Metode. Subjek penelitian adalah doa harian Islam. Metode pengumpulan data dengan metode studi pustaka, kuesioner, browsing. Tahap pengembangan aplikasi meliputi analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, dan pengujian.
Teknologi yang digunakan adalah mobile berbasis Android dan pengujian sistem dengan black box test dan white box test serta melakukan uji nilai T menggunakan paired t test.
Hasil. Hasil dari penelitian adalah terbentuknya aplikasi mobile doa harian Islam berbasis Android. Dari pengujian terdapat perbedaan signifikan dalam upaya untuk mempermudah menghafal doa harian Islam, hal ini mengacu dengan didapatnya nilai p < 0.05 dari hasil pengujian paired t test.
Kesimpulan. Aplikasi mampu mempermudah masyarakat dan pengguna Android untuk membaca dan menghafalkan doa harian Islam.

Kata Kunci : Android, Doa Harian, Mobile, Java, XML, SQLite.

doa1 doa2 doa3

Leave a Reply

Your email address will not be published.