Edwin Andrianto

Edwin Andrianto

PENGEMBANGAN APLIKASI LAGIDIMANA BERBASIS ANDROID

Abstrak

Teknologi dewasa ini tidak hanya sebagai sarana untuk hiburan tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan produktifitas. Hal tersebut terjadi jika dapat memaksimalkan guna dari teknologi itu sendiri. Banyak kasus mahasiswa sulit untuk menemui dosen pembimbing karena tidak mengetahui status keberadaan. Penggunaan sarana konvensional seperti sms atau telepon menjadi sulit dan malah kadang menggangu. Saat ini smart phone khususnya Android sudah populer digunakan, smart phone memiliki fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membantu penggunanya untuk meningkatkan produktifitas, seperti dengan adanya layanan push notification. Fitur tersebut memungkinkan sebuah sistem dapat menerima pesan notifikasi dari satu pengguna ke pengguna lain secara real time.

Subyek penelitian adalah pengembangan aplikasi android dengan memanfaatkan layanan push notification dari Google Cloud Messaging (GCM). Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan studi pustaka dan wawancara. Analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi sistem agar sesuai kebutuhan. Implementasi sistem memanfaatkan Framework Android, Google Cloud Messaging service, dan Framework Codeigniter untuk membuat webservice. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis android dengan memanfaatkan layanan Google Cloud Messaging untuk mengirim pesan notifikasi ke pengguna smart phone. Aplikasi ini sangat membantu pengguna untuk mengetahui keberadaan seseorang dapat atau tidak untuk ditemui dan untuk mengurai penggunaan metode konvensional seperti sms atau telepon. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem LagiDimana ini layak dan dapat dipergunakan.

Kata kunci : push notification, Google Cloud Messaging, webservice, Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published.