Edi Setiyono

Edi Setiyono

APLIKASI KARTU NAMA VIRTUAL (VIRTUAL BUSINESS CARD) BERBASIS WEB MOBILE

Abstrak

Keberadaan kartu nama sangat dibutuhkan dalam kepentingan branding dan marketing suatu perusahaan maupun bisnis milik perorangan. Bagi seorang profesional kepemilikan dan ketersediaan kartu nama adalah suatu keharusan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kartu nama yang pada umumnya berbentuk fisik dan isi konten yang tidak mendukung update data dianggap tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan pengguna secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu Aplikasi Kartu Nama Virtual Berbasis Web Mobile yang berfungsi untuk mempermudah pengelolaan data kartu nama. Kartu nama virtual dapat dijadikan fungsi alternatif untuk menyimpan, menampilkan informasi dan memperbarui data kartu nama yang lebih mudah dan efisien.
Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah diawali dengan tahapan analisis kebutuhan sistem, pembuatan Diagram Konteks, Diagram Alir Data, Entity Relationship Diagram, perancangan Mapping Table, membuat Struktur Tabel, perancangan menu antar muka sistem, dan implementasi rancangan kedalam sebuah program aplikasi sesuai dengan kebutuhan sistem.
Penelitian ini menghasilkan Aplikasi Kartu Nama Virtual Berbasis Web Mobile dan berdasarkan hasil uji Black Box Test dan Alpha Test, aplikasi ini telah dapat membantu pengguna kartu nama dalam mengolah dan menyimpan data-data kartu nama, serta dapatĀ  dijalankan dengan baik sesuai sistem yang telah dibuat.

Kata Kunci : Kartu Nama Virtual, Web Mobile.

Leave a Reply

Your email address will not be published.