Mazin Ma’dan

Mazin Ma’dan

APLIKASI PENYIMPANAN DATA SEMENTARA PADA PERANGKAT MOBILE UNTUK APLIKASI PENGELOLA KEUANGAN DI KOMPUTER DESKTOP

 

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin pesat. Dengan perkembangan teknologi informasi tersebut menimbulkan semakin berkembangnya perangkat lunak tertama dalam bidang dekstop aplication atau aplikasi dekstop khususnya dibidang pengelolaan keuangan. Selain itu juga terjadi peningkatan pula pada sisi teknologi mobile yang semakin diminati oleh manusia. Salah satu contoh aplikasi pengelola keuangan yang populer saat ini adalah MyFamily Accounting. MyFamily Accounting yang berbasis desktop ini hanya dapat memasukkan data pada komputer (PC dan atau Laptop) saja, sehingga banyak pengguna yang aktif di luar mendapatkan kendala/masalah dalam melakukan pencatatan data transaksi keuangan yang terjadiluar rumah. Tujuan dari penelitian yaitu membangun suatu aplikasi bantu penyimpan data transaksi sementara pada perangkat mobile (PDA), kemudian datanya dikirim ke komputer melalui kabel data, sehingga pengguna aplikasi MyFamily Accounting dapat meng-import data transaksi yang telah tersimpan di PDA.

Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini ada dua tahap, antara lain tahap pertama spesifikasi kebutuhan sistem yaitu, menganalisa kebutahan perangkat lunak. Tahap kedua yaitu tahap perancangan sistem,yaitu meliputi pemodelan proses, perancangan tabel, perancangan menu, dan perancangan antar muka.

Dari penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi penyimpan data sementara pada perangkat mobile (PDA) yang dapat memasukkandan menyimpan data transaksi keuangan sementara untuk aplikasi pengelola keuangan khususnya aplikasi MyFamily Accounting di komputer.

Kata Kunci : keuangan, mobile, MyFamily Accounting,pencatatan, penyimpanan data, pengelola keuangan

mfamobile

Leave a Reply

Your email address will not be published.