Ismail Hasan

Ismail Hasan

RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE CHAT ROOM MENGGUNAKAN KONEKSI BLUETOOTH

 

ABSTRAK

Perkembangan teknologi mobile sudah sedemikian pesat dan dapat dirasakan di seluruh dunia dan dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan ini dapat dimanfaatkan pula dalam dunia telekomunikasi berupa chating yang mengoptmalkan perangkat yang ada pada handphone. Sehingga terjadi terobosan baru dalam aplikasi chatting yaitu mengunakan konneksi Bluetooth sebagai penghubungnya, maka dibuatlah aplikasi Mobile Chat Room Menggunakan Konekasi Bluetooth.

Aplikasi Mobile Chat Room mempermudah penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna lainya dalam satu ruangan untuk melakukan aktifitas chatting baik berupa room chat yaitu user berinteraksi dengan banyak user maupun private chat yakni user hanya berinteraksi dengan seorang user secara pribadi. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan data berupa fle image, maupun audio untuk dibagikan kepada user lain.

Aplikasi Mobile Chat Room memiliki beberapa kelebihan di antaranya adalah tidak perlu mengeluarkan biaya (pulsa) untuk melakukan koneksi dan untuk melakukan chatting. Namun disisi lain, perangat Aplikasi Mobile Chat Room memiliki keterbatasan mengenai jarak jangkauan karena menggunakan koneksi Bluetooth.

Kata Kunci : Mobile Chat, Chatting, Java, Bluetooth

Leave a Reply

Your email address will not be published.