Agus Suroyo

Agus Suroyo

IMPLEMENASI FRONT OFFICE SISTEM M-GOVERNMENT
(Studi Kasus : Pemerintah Kota Yogyakarta)

 

ABSTRAK

Perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat serta potensi pemanfaatannya yang luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara tepat dan akurat. Pada instansi pemerintah pemanfaatan teknologi komputer sangat dibutuhkan sebagai media penyimpanan dan pengolahan data serta meminimalisir rumitnya proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang harus datang terlebih dahulu ke RT, Kepala Dusun dan Kelurahan lalu Kecamatan dan hal itu memakan waktu yang panjang, belum terintegrasinya data kependudukan antar dinas di
Pemerintah Kota Yogyakarta, serta kurangnya sarana pelayanan publik. Subjek pada penelitian ini adalah “Implemenasi Front Office Sistem M-Goverment” untuk menghasilkan sebuah sisem informasi yang besifat pelayanan rutin kepada masyarakat yang berada pada sektor kecamatan yang bisa digunakan untuk acuan dalam penerapan m-Goverment untuk pelayanan publik yang bersifat rutin.
Dari penelitian yang dilakukan diharapkan dapat menghasilkan perangkat lunak yang memberikan kemudahan kepada masyarakat maupun pemerintah dalam melakukan hubungan pelayanan publik, contohnya pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan Akta Kematian.

Kata Kunci : Implementasi, m-Goverment, Front Office

egov3 egov2 egov1

Leave a Reply

Your email address will not be published.