6 Topik Kerja Praktek bidang Software Engineering

Bingung cari topik Kerja Praktek (KP)? Hmmm masak sih kamu aja kali yang nggak serius cari topik. Tapi kalau masih mentok juga baiklah ini beberapa topik yang bisa kamu ambil untuk KP di bidang seputar Software Engineering atau sering kita sebut RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

1. Feasibility Study (Studi Kelayakan)

Kita tahu bahwa di fase Planning dalam SDLC ada studi kelayakan proyek perangkat lunak. Nah, kamu bisa mengangkat topik ini untuk dijadikan topik KP. Kamu cari tuh proyek software yang akan dibuat. Kamu tawarkan tenagamu untuk membantu melakukan studi kelayakan apakah proyek tersebut layak atau nggak. Kamu bisa melakukan studi kelayakan dari sisi:

  • Kelayakan Teknis (Technical Feasibility)
  • Kelayakan Ekonomi (Economic Feasibility)
  • Kelayakan Organisasi (Organizational Feasibility)

Inti dari laporan KP kamu nanti cukup melaporkan ketiga kelayakan di atas. Tentu saja ada pembukaanlah di bab-bab awal. Semua kelayakan tersebut ada di materi kuliah RPL loh pada topik Planning.

2. Analisis dan Desain Sistem

Topik ini sebenarnya kelanjutan dari topik pertama. Jadi, jika dari hasil studi kelayakan menyatakan bahwa project software untuk dilanjutkan, maka langkah berikutnya adalah melakukan analisis dan perancangan sistem. Yang kamu lakukan di KP ini adalah merancang diagram Uses Cases, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, hingga basis datanya. Sehingga laporan yang kamu tulis ya cukup hasil perancangan diagram-diagram tersebut.

3. Pengembangan/Modifikasi Sistem

Nah, kalau topik ini tentu yang paling populer dan paling banyak dikerjakan selama ini toh. Kamu bisa mengembangkan/memodifikasi CMS, membuat aplikasi sederhana, web profil yang intinya tentu saja berguna dan bermanfaat bagi tempat KP kamu berada. Jadi berbahagialah kalau kamu sudah familiar dengan PHP, CSS, HTML, LAMP, Java, Macromedia, Photoshop, dsb karena akan menjadi senjata ampuh untuk memperlancar KP kamu.

4. Pengujian Software

Coba perhatikan kakak-kakak kamu yang sedang Skripsi pengembangan software. Di bab-bab akhir mereka pasti melakukan pengujian. Begitu pula dosen-dosen favorit kamu yang sedang penelitian juga akan melakukan pengujian softwre. Nah kamu bisa bantu berpartisipasi tuh dengan menawarkan tenagamu untuk membantu mereka melakukan pengujian sekaligus dijadikan KP. Apa saja yang bisa kamu lakukan? Wuih, banyaklah seperti:

  • Pengujian Sistem dengan teknik Black-Box Testing
  • Pengujian Acceptance berupa Usability Testing
  • Performance Test, Stress Testing, Security Testing

Tugasmu adalah membuat Test Case, membuat angket, mengumpulkan responden/tester, melakukan pengujian, mengumpulkan hasil pengujian dan menyerahkannya ke kakak tingkat/dosen kamu untuk selanjutnya mereka interpretasi/simpulkan hasil pengujian yang kamu lakukan.

5. Software Documentation

Tahukah kamu salah satu kelemahan pengembang software di tanah air? Ya betul adalah masalah dokumentasi. Dokumentasi dalam pengembangan software ada dua macam yaitu Dokumentasi Sistem dan Dokumentasi User. Nah kamu bisa bantu jadikan KP untuk Dokumentasi User. Dalam dokumentasi user ini kamu bisa membuat Help System, Procedural Manual hingga Tutorial baik tertulis maupun dalam bentuk video. Mudah kan…

6. UI Design

Nah, kalo kamu cukup jago desain kenapa nggak dicoba untuk KP di topik perancangan antarmuka software. Ini peluang besar loh, karena hampir sebagian besar teman-teman kamu yang programer itu biasanya nggak bisa buat desain UI. Nah, kamu bisa masuk ke situ. Tawarkan keahlianmu dengan membuatkannya. Apalagi kalau kamu sudah mengetahui prinsip-prinsip pengembangan antarmuka pengguna, purwarupa (paper dan high fidelity), mobile design pattern dsb. Wah KP mah lewat dengan mudah…

Itulah 6 topik KP yang layak kamu pertimbangkan bagi yang susah dan galau dalam mencari KP. Ingatlah prinsip KP adalah menerapkan ilmu dan pengalaman/skill yang sudah kamu kuasai dan dapatkan selama ini untuk membantu masalah nyata di lapangan. Jadi tidak harus buat sistem utuh apalagi besar. Cukup kamu bisa kontribusi solusi dari sisi apa lah itu sudah cukup….