Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka dengan Mendeley

Setelah memahami standar sitasi sistem Harvard. Maka tentu sitasi dan referensi kita dalam laporan skripsi akan semakin bertambah, seiring dengan banyaknya rujukan/sumber referensi yang kita miliki. Tentu saja setiap sitasi yang telah ditulis harus dibuatkan dan terdapat di dalam daftar pustaka. Jika hal ini dilakukan dengan cara manual, maka tentu saja akan sedikit merepotkan kita karena harus memeriksa satu per satu sitasi di setiap halaman dan menuliskan daftar pustakanya di bagian akhir laporan. Tidak jarang ada saja daftar pustaka yang terlewat dituliskan. Hal ini tentu saja tidak kita inginkan bukan?

22-12-2014 19-50-02

Untuk itulah kita perlu alat bantu agar memudahkan pekerjaan kita menulis sitasi dan daftar pustaka. Ada alat bantu yang bisa kita pergunakan yaitu Mendeley. Untuk itu ikutlah langkah-langkah mulai dari download aplikasinya hingga menggunakan Mendeley di Microsoft Word.

Instalasi dan Setup

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Mendeley di www.mendeley.com.
  2. Lakukan instalasi Mendeley di komputer Anda.
  3. Buatlah akun baru di Mendeley Anda. Bisa lewat web atau aplikasinya di komputer.
  4. Instal plugin Mendeley ke Microsoft Word dengan cara klik Tools di aplikasi Mendeley, kemudian pilih menu Install MS Word Plugin

Mengelola Dokumen Referensi

Biasanya referensi/daftar pustaka yang Anda gunakan bisa berbentuk dokumen PDF, buku cetak, halaman web, dsb. Untuk itu perlu diorganisasi agar tersimpan dan tertata rapi di Mendeley. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Mendeley

2. Klik menu File dan pilih Add Files…

22-12-2014 19-58-03

3. Selanjutnya pilih dokumen yang mau dikelola di Mendeley.

4. Kemudian silakan isi detil dari informasi dokumen tersebut. Lihat gambar berikut di bagian kanan. Pastikan Anda memilih Type dokumen yang tepat.

22-12-2014 19-58-57

Menulis Sitasi

Setelah dokumen dikelola, maka Anda bisa menggunakannya/memanggilnya di Microsoft Word untuk menulis sitasi dan daftar pustaka. Caranya adalah:

1. Buka laporan skripsi Anda di Microsoft Word.

2. Letakkan kursor di posisi yang akan diletakkan sitasinya, bisa di awal tengah atau akhir kalimat.

3. Klik menu REFERENCES, pilih ikon Insert Citation yang berlogo Mendeley (lihat gambar di bawah). Jangan lupa pilih Style yang dianut yaitu Harvard. Kemudian akan keluar Kotak isian Mendeley.

22-12-2014 20-36-06

4. Selanjutnya Anda ketikkan kata kunci dari referensi yang akan ditambahkan sitasinya pada posisi kursor yang telah ditentukan.

22-12-2014 19-54-46

5. Klik OK dan hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

22-12-2014 19-55-52

Daftar Pustaka

Dengan memasukkan sitasi dengan Mendeley maka Anda tidak perlu lagi untuk menulis daftar pustaka. Karena daftar pustaka sudah dibuat otomatis oleh Mendeley. Sehingga hampir 100% bakal tidak ada sitasi/daftar pustaka yang luput untuk didaftarkan/dituliskan.

22-12-2014 19-56-50

Jadi, sekarang membuat sitasi dan daftar pustaka sudah tidak pusing lagi bukan…? Selamat menggunakan.

Leave a Reply