Pengembangan Aplikasi Mobile
Semester: Gasal 2015/2016
Kelas: A
Jadwal: Senin, 12.30 – 15.05 WIB
Ruang: 317
Bobot: 2 SKS Tatap Muka Teori, 1 SKS Praktikum
Penilaian: UTS (30%), UAS (40%), Proyek/Tugas (30%)
PERTEMUAN 1
Tanggal: 7 September 2015
Topik: Pengantar Pengembangan Aplikasi Mobile
Learning Outcome:
- Memahami sejarah aplikasi mobile
- Memahami ekosistem industri mobile
- Memahami perbedaan pengembangan aplikasi Desktop, Web, Mobile, Native vs Web mobile
- Memahami persyaratan untuk mengembangkan aplikasi mobile
Materi:
- Kontrak belajar
- Strategi belajar
- Web kuliah
- Penilaian
- Komunikasi
- Sejarah dan awal mula mobile
- Evolusi piranti komunikasi
- Brick Era (1973-1988)
- Candy Bar Era (1988-1998)
- Feature Phone Era (1998-2008)
- Smartphone Era (2002-now)
- Touch Phone Era (2007-Now)
- Mobile Ecosystem
- Operator (3, Telkomsel, Indosat, XL)
- Networks (wireless network, GSM (2G, 3G, 4G)/CDMA)
- Aggregator
- Device (Xiaomi, Samsung, Apple, LG)
- Platform (iPhone, Brew, Windows Mobile, Limo, Android One)
- OS (Symbian, Android OS, iOS)
- Application Frameworks (Java, Android One, Webkit)
- Applications
- Services (maps, camera, SMS, calling, web browser)
- Marketplace (PlayStore, Appstore)
- Payment Gateway (bank, third party)
- Mengapa pengembangan aplikasi mobile. (Baca [3])
- Perbedaan mobile web dan native
- Persiapan dan kebutuhan pengembangan aplikasi mobile (Baca [1] hlm 3-5)
- Hardware
- (PC/Laptop/Mac+Monitors)
- Device (Android, Winmo, iPhone, BB)
- Software
- License & Developer Account
- Documentation & API
- Hardware
- Kebutuhan dan tren developer mobile
Tugas
- Buatlah kelompok maksimal 3 orang.
- Baca dan coba aplikasi-aplikasi di Google Play/Appstore.
- Baca skripsi tentang aplikasi mobile di UAD
- Buat laporan dalam dokumen PDF
- Klasifikasikanlah jenis-jenis aplikasi mobile
- Kritisi dan ambillah kesimpulan mana aplikasi yang masih berpotensi untuk dikembangkan/buat baru
- Dosen akan secara random meminta mahasiswa menjelaskan hasil ringkasannya.
Daftar Kelompok PAM silakan diisi di sini.
PERTEMUAN 2
Tanggal: 14 September 2015
Topik: Jenis-Jenis Aplikasi Mobile
Learning Outcome:
Strategi Pembelajaran
- Pembukaan
- Dosen mengkondisikan kelas dengan membentuk ruang seminar kecil, agar perwakilan kelompok bisa mempresentasikan hasil laporannya.
- Kegiatan Inti
- Kelompok berdiskusi untuk menganalisis pemilihan aplikasi mobile apa yang akan dikembangkan.
- Dosen akan membantu mengarahkan setiap pemilihan aplikasi
- Hasil akhir keputusan aplikasi yang dipilih dicatat dan menjadi proyek selama kuliah PAM
- Penutup
- Dosen menjelaskan tentang persiapan awal bagaimana memulai mengembangkan apliaksi mobile berdasarkan pilihan masing-masing kelompok
- Dosen menutup perkuliahan dan menjelaskan persiapan pertemuan ke-3
Tugas:
- Instal AndroidOne, PHP MyAdmin, SQL Lite Browser, LAMP
- Cari referensi-referensi terkait aplikasi yang akan dikembangkan kelompok
PERTEMUAN 3
Tanggal: 21 September 2015
Topik: Mobile Application Development & Design
Learning Outcome:
- Memahami tahapan pengembangan perangkat lunak mobile
- Memahami pertimbangan teknis apa saja dalam mengembangkan aplikasi mobile
- Memahami Spriral Engineering Process Model for MobileApp
- Memahami tentang MobileApp Quality
- Memahami tentang hubungan antara mobileApp dengan Service Computing
Bahan Bacaan:
- [5] halaman 391-408
Skenario Belajar:
- Pra
- Mahasiswa diminta membaca bahan bacaan yang sudah diberikan.
- Menyiapkan hasil perkembangan aplikasi mobile yang sudah dipilih per kelompok.
- Dosen mengarahkan posisi duduk sesuai kelompok
- Pembukaan
- Dosen merefresh materi model proses pengembangan PL.
- Kegiatan Inti:
- Dosen menjelaskan tentang model proses pengembangan aplikasi mobile
- Tahapan-tahapan pengembangan perangkat lunak mobile
- Dosen menjelaskan tentang Pertimbangan teknis Pengembangan aplikasi mobile
- Dosen menjelaskan tentang Spiral Engineering Process Model for MobileApp
- Formulation
- Planning
- Analysis
- Engineering
- Implementation & Testing
- User Evaluation
- Dosen menjelaskan tentang MobileApp Quality
- Functionality
- Realibility
- Usability
- Efficency
- Maintainability
- Portability
- Dosen menjelaskan tentang aplikasi mobile dengan Cloud Service/Service Computing
- Dosen mengarahkan diskusi tiap kelompok untuk mulai menyiapkan langkah awal dalam mengembangkan aplikasi mobile sesuai kelompok masing-masing.
3. Penutup
- Dosen meresume hasil kuliah hari ini
- Dosen menjelaskan tugas 1 yang harus dikerjakan
PERTEMUAN 5
Tanggal: 5 Oktober 2015
Topik: Wireframing-Paper Prototyping-User Flow-Arsitektur Menu
Learning Outcome:
- Membuat struktur menu
- Membuat user flow berdasarkan Use Case
- Membuat Wireframe
- Membuat Paper prototyping
Strategi Pembelajaran
- Pembukaan
- Dosen mengkondisikan kelas dengan membentuk ruang seminar kecil, agar perwakilan kelompok bisa mempresentasikan hasil laporannya.
- Dosen menjelaskan tentang Wireframing, Paper Prototyping, user Flow dan Struktur Menu
- Dosen memberikan contoh kasus aplikasi Mobile PoS/Cash Cashier
- Kegiatan Inti
- Dosen meminta tim untuk membuat user flow berdasarkan use case
- Dosen meminta tim membuat wireframing dan paper prototyping
- Semua aktivitas dibuat menggunakan kertas, spidol/pena, dan ditempel di dinding kelas menggunakan selotip
- Penutup
- Dosen meresume aktivitas perkuliahan ke-5
- Dosen menjelaskan persiapan perkuliahan ke-6 tentang Web Service.
PERTEMUAN 6
Tanggal: 12 Oktober 2015
Topik: Consumable Web Service for Mobile Devices
Learning Outcome:
- Memahami Web Service
- Membuat Web Service sederhana
- Menggunakan Web Service untuk diakses lewat piranti Mobile
Sumber Belajar:
Strategi Pembelajaran
- Persiapan Kuliah
- Mahasiswa wajib menyiapkan beberapa tools sbb: PHP, MySQL, Apache (XAMPP/WAMP), Postman [1],[2]/Advanced REST Client, Android SDK, Android Gadget.
- Pembukaan
- Dosen menjelaskan konsep dasar Web Service
- Dosen mengarahkan kelompok untuk mempersiapkan tools yang dibawa
- Kegiatan Inti
- Dosen menjelaskan studi kasus aplikasi sederhana
- Dosen dan mentor/instruktur menjelaskan tahapapan membuat web service hingga bisa dites lewat browser
- Dosen dan mentor/instruktur menjelaskan tahapan persiapan aplikasi klien di Android hingga bisa mengakses API/Web Service yang telah dibuat
- Mahasiswa mencoba membuat API/Web Service sederhana dari proyek yang sedang digarap.
- Mentor/instruktur membantu mengarahkan.
- Penutup
- Dosen meresume aktivitas perkuliahan ke-6
- Dosen menjelaskan persiapan perkuliahan ke-7.
REFERENSI
[1] McWherter, J., & Gowell, S. (2012). Professional Mobile Application Development (1st ed.). Indianapolis: John Wiley & Sons.
[2] Fling, B. (2009). Mobile Design and Development. USA: O’Reilly
[3] Wasserman, A. I., & Fosser. (2010). Software Engineering Issues for Mobile Application Development. FoSER, 1–4.
[6] Coulouris, G., et al. (2012). Distributed Systems: Concepts and Design (5th edition). (M. Hirsch, Ed.) (5th ed.). USA: Pearson Education Limited.