Pengembangan Aplikasi Mobile

Pengembangan Aplikasi Mobile

Semester: Gasal 2015/2016
Kelas: A
Jadwal: Senin, 12.30 – 15.05 WIB
Ruang: 317
Bobot: 2 SKS Tatap Muka Teori, 1 SKS Praktikum

Penilaian: UTS (30%), UAS (40%), Proyek/Tugas (30%)


PERTEMUAN 1

Tanggal: 7 September 2015

Topik: Pengantar Pengembangan Aplikasi Mobile

Learning Outcome:
  • Memahami sejarah aplikasi mobile
  • Memahami ekosistem industri mobile
  • Memahami perbedaan pengembangan aplikasi Desktop, Web, Mobile, Native vs Web mobile
  • Memahami persyaratan untuk mengembangkan aplikasi mobile
Materi:
  1. Kontrak belajar
  2. Strategi belajar
  • Web kuliah
  • Penilaian
  • Komunikasi
  1. Sejarah dan awal mula mobile
  2. Evolusi piranti komunikasi
    1. Brick Era (1973-1988)
    2. Candy Bar Era (1988-1998)
    3. Feature Phone Era (1998-2008)
    4. Smartphone Era (2002-now)
    5. Touch Phone Era (2007-Now)
  3. Mobile Ecosystem
    1. Operator (3, Telkomsel, Indosat, XL)
    2. Networks (wireless network, GSM (2G, 3G, 4G)/CDMA)
    3. Aggregator
    4. Device (Xiaomi, Samsung, Apple, LG)
    5. Platform (iPhone, Brew, Windows Mobile, Limo, Android One)
    6. OS (Symbian, Android OS, iOS)
    7. Application Frameworks (Java, Android One, Webkit)
    8. Applications
    9. Services (maps, camera, SMS, calling, web browser)
    10. Marketplace (PlayStore, Appstore)
    11. Payment Gateway (bank, third party)
  4. Mengapa pengembangan aplikasi mobile. (Baca [3])
  5. Perbedaan mobile web dan native
  6. Persiapan dan kebutuhan pengembangan aplikasi mobile (Baca [1] hlm 3-5)
    1. Hardware
      1. (PC/Laptop/Mac+Monitors)
      2. Device (Android, Winmo, iPhone, BB)
    2. Software
    3. License & Developer Account
    4. Documentation & API
  7. Kebutuhan dan tren developer mobile

Tugas

  • Buatlah kelompok maksimal 3 orang.
  • Baca dan coba aplikasi-aplikasi di Google Play/Appstore.
  • Baca skripsi tentang aplikasi mobile di UAD
  • Buat laporan dalam dokumen PDF
    • Klasifikasikanlah jenis-jenis aplikasi mobile
    • Kritisi dan ambillah kesimpulan mana aplikasi yang masih berpotensi untuk dikembangkan/buat baru
  • Dosen akan secara random meminta mahasiswa menjelaskan hasil ringkasannya.

Daftar Kelompok PAM silakan diisi di sini.


PERTEMUAN 2

Tanggal: 14 September 2015

Topik: Jenis-Jenis Aplikasi Mobile

Learning Outcome:
Strategi Pembelajaran
  1. Pembukaan
    1. Dosen mengkondisikan kelas dengan membentuk ruang seminar kecil, agar perwakilan kelompok bisa mempresentasikan hasil laporannya.
  2. Kegiatan Inti
    1. Kelompok berdiskusi untuk menganalisis pemilihan aplikasi mobile apa yang akan dikembangkan.
    2. Dosen akan membantu mengarahkan setiap pemilihan aplikasi
    3. Hasil akhir keputusan aplikasi yang dipilih dicatat dan menjadi proyek selama kuliah PAM
  3. Penutup
    1. Dosen menjelaskan tentang persiapan awal bagaimana memulai mengembangkan apliaksi mobile berdasarkan pilihan masing-masing kelompok
    2. Dosen menutup perkuliahan dan menjelaskan persiapan pertemuan ke-3

Tugas: 

  • Instal AndroidOne, PHP MyAdmin, SQL Lite Browser, LAMP
  • Cari referensi-referensi terkait aplikasi yang akan dikembangkan kelompok

PERTEMUAN 3
Tanggal: 21 September 2015
Topik: Mobile Application Development & Design
Learning Outcome:
  • Memahami tahapan pengembangan perangkat lunak mobile
  • Memahami pertimbangan teknis apa saja dalam mengembangkan aplikasi mobile
  • Memahami Spriral Engineering Process Model for MobileApp
  • Memahami tentang MobileApp Quality
  • Memahami tentang hubungan antara mobileApp dengan Service Computing
Bahan Bacaan:
  • [5] halaman 391-408
Skenario Belajar:
  1. Pra
    • Mahasiswa diminta membaca bahan bacaan yang sudah diberikan.
    • Menyiapkan hasil perkembangan aplikasi mobile yang sudah dipilih per kelompok.
    • Dosen mengarahkan posisi duduk sesuai kelompok
  1.  Pembukaan
    • Dosen merefresh materi model proses pengembangan PL.
  2. Kegiatan Inti:
  • Dosen menjelaskan tentang model proses pengembangan aplikasi mobile
  • Tahapan-tahapan pengembangan perangkat lunak mobile
  • Dosen menjelaskan tentang Pertimbangan teknis Pengembangan aplikasi mobile
  • Dosen menjelaskan tentang Spiral Engineering Process Model for MobileApp
    • Formulation
    • Planning
    • Analysis
    • Engineering
    • Implementation & Testing
    • User Evaluation
  • Dosen menjelaskan tentang MobileApp Quality
    • Functionality
    • Realibility
    • Usability
    • Efficency
    • Maintainability
    • Portability
  • Dosen menjelaskan tentang aplikasi mobile dengan Cloud Service/Service Computing
  • Dosen mengarahkan diskusi tiap kelompok untuk mulai menyiapkan langkah awal dalam mengembangkan aplikasi mobile sesuai kelompok masing-masing.

3. Penutup

  • Dosen meresume hasil kuliah hari ini
  • Dosen menjelaskan tugas 1 yang harus dikerjakan

PERTEMUAN 5

Tanggal: 5 Oktober 2015

Topik: Wireframing-Paper Prototyping-User Flow-Arsitektur Menu

Learning Outcome:
  • Membuat struktur menu
  • Membuat user flow berdasarkan Use Case
  • Membuat Wireframe
  • Membuat Paper prototyping
Strategi Pembelajaran
  1. Pembukaan
    1. Dosen mengkondisikan kelas dengan membentuk ruang seminar kecil, agar perwakilan kelompok bisa mempresentasikan hasil laporannya.
    2. Dosen menjelaskan tentang Wireframing, Paper Prototyping, user Flow dan Struktur Menu
    3. Dosen memberikan contoh kasus aplikasi Mobile PoS/Cash Cashier
  2. Kegiatan Inti
    1. Dosen meminta tim untuk membuat user flow berdasarkan use case
    2. Dosen meminta tim membuat wireframing dan paper prototyping
    3. Semua aktivitas dibuat menggunakan kertas, spidol/pena, dan ditempel di dinding kelas menggunakan selotip
  3. Penutup
    1. Dosen meresume aktivitas perkuliahan ke-5
    2. Dosen menjelaskan persiapan perkuliahan ke-6 tentang Web Service.

PERTEMUAN 6

Tanggal: 12 Oktober 2015

Topik: Consumable Web Service for Mobile Devices

Learning Outcome:
  • Memahami Web Service
  • Membuat Web Service sederhana
  • Menggunakan Web Service untuk diakses lewat piranti Mobile
Sumber Belajar:
Strategi Pembelajaran
  1. Persiapan Kuliah
    1. Mahasiswa wajib menyiapkan beberapa tools sbb: PHP, MySQL, Apache (XAMPP/WAMP), Postman [1],[2]/Advanced REST Client, Android SDK, Android Gadget.
  2.  Pembukaan
    1. Dosen menjelaskan konsep dasar Web Service
    2. Dosen mengarahkan kelompok untuk mempersiapkan tools yang dibawa
  3. Kegiatan Inti
    1. Dosen menjelaskan studi kasus aplikasi sederhana
    2. Dosen dan mentor/instruktur menjelaskan tahapapan membuat web service hingga bisa dites lewat browser
    3. Dosen dan mentor/instruktur menjelaskan tahapan persiapan aplikasi klien di Android hingga bisa mengakses API/Web Service yang telah dibuat
    4. Mahasiswa mencoba membuat API/Web Service sederhana dari proyek yang sedang digarap.
    5. Mentor/instruktur membantu mengarahkan.
  4. Penutup
    1. Dosen meresume aktivitas perkuliahan ke-6
    2. Dosen menjelaskan persiapan perkuliahan ke-7.

REFERENSI

[1] McWherter, J., & Gowell, S. (2012). Professional Mobile Application Development (1st ed.). Indianapolis: John Wiley & Sons.
[2] Fling, B. (2009). Mobile Design and Development. USA: O’Reilly
[3] Wasserman, A. I., & Fosser. (2010). Software Engineering Issues for Mobile Application Development. FoSER, 1–4.
[5] Pressman, R. S. (2010). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. McGraw Hill.
[6] Coulouris, G., et al. (2012). Distributed Systems: Concepts and Design (5th edition). (M. Hirsch, Ed.) (5th ed.). USA: Pearson Education Limited.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.